Pencarian

Custom Search

Diary

PENGEMBANGAN KURIKULUM DI SEPOLWAN
Hari ini, Senin, 18 Desember 2016, merupakan kegiatan kedua yang dilakukan di luar tugas saya sebagai dosen dan Kepala PSB, setelah pada 12 Januari lalu menjadi narasumber bagi para dosen MKU UNJ dalam mengembangkan online learning. Kali ini kegiatan dilakukan di Sekolah Polisi Wanita (Sepolwan), Pasar Jumat, Jakarta. Tepatnya kegiatan yang dilakukan adalah menjadi narasumber pengembangan kurikulum kegiatan diklat yang akan diselenggarakan oleh Sepolwan bagi para Perwira Pertama Polwan. Judul kegiatannya adalah Penyusunan Kurikulum Pengembangan Spesialisasi Pama Polwan Pelayanan Perempuan dan Anak.
Kegiatan dibuka oleh Wakil Kepala Sepolwan, AKBP Ratna, dan dipandu oleh AKBP Dadan. Kegiatan diikuti oleh para Perwira Pertama (Pama) dan Perwira Menengah (Pamen) di lingkungan Sepolwan.
Setelah dibuka oleh Waka Sepolwan, dan diberi gambaran singkat tentang diklat yang akan dikembangkan kurikulumnya oleh AKBP Dadan, saya diberi kesempatan untuk memaparkan proses pengembangan kurikulum yang akan dijadikan acuan oleh mereka dalam mengembangkan kurikulum diklat yang dimaksud. Di tengah-tengah paparan diselingi dengan diskusi untuk mendalami proses pengembangan kurikulum yang saya paparkan. Diskusi sangat hangat, interaktif dan konstruktif.
Kegiatan saya akhiri pada pukul 12.15, karena saya harus segera menuju kampus untuk mengajar mahasiswa S2 PAUD.

WORKSHOP PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI
Pada hari Jumat, 30 Oktober 2015 untuk yang kedua kalinya saya menjadi nara sumber di dalam acara yang diselenggarakan oleh Balai Besar Pendidikan, Penyegaran, dan Peningkatan Ilmu Pelayaran, Kementerian Perhubungan. Dalam kesempatan ini saya diminta untuk menyampaikan materi tentang “Pengembangan Instrumen Evaluasi Hasil Belajar yang Berkualitas”. Pesertanya adalah para dosen di BP3IP yang mayoritas mantan para pelaut (sepuh).

Berikut beberapa foto dokumentasinya.

Berfoto bersama peserta workshop

Berfoto bersama peserta workshop

Pelatihan Menysn Instr. Evaluasi BP3IP1

Pelatihan Menysn Instr. Evaluasi BP3IP

WORKSHOP PENYUSUNAN SILABUS DAN RPP BERBASIS KKNI
Pada hari Kamis, 29 Oktober 2015, terjadwal dari jam 08.00 sampai dengan jam 12.00 saya hadir di Ciputat undangan dari Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hadayatullah Jakarta untuk menjadi pembicara dalam acara Workshop Penyusunan SIlabus dan RPP Berbasis KKNI.

Berikut beberapa foto, saat saya tampil sebagai pembicara (narasumber) dalam acara tersebut:

FIDIKOM UIN Fidikom UIN2

Fidikom UIN (2)

SYUKUR ALHAMDULILLAH
Ya, rasa sykur patut saya haturkan ke Hadirat ALLAH SWT, karena berkat Rahmah, Hidayah, dan Inayah-Nya, serangkaian tugas berat untuk dapat menyelesaikan studi saya di PPS UNJ, akhirnya terselesaikan dengan baik.
Dimulai dengan Seminar Hasil Penelitian yang diselenggarakan pada tanggal 18 Januari 2011, dilanjutkan dengan Ujian Tertutup yang berlangsung pada Rabu, 2 Februari 2011, dan diakhiri dengan Ujian Terbuka yang sekaligus Promosi Doktor, yang berlangsung pada Rabu, 2 Maret 2011, pukul 09.30 WIB di Aula Pascasarjana UNJ.
Semoga apa yang diperoleh membawa manfaat bagi diri, keluarga, lingkungan, masyarakat dan bangsa ini. Juga mudah-mudahan apa yang telah diraih mendapatkan ridho dari ALLAH SWT. Amin ya Rabbal ‘Aalamin.

Dewan Penguji He he he lagi jawab pertanyaan penguji

KERJA BAKTI
Hari ini, Minggu, 11 April 2010, saya bersama warga Rt 08/02, Kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung, melaksanakan kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar dan dilanjutkan dengan melakukan pengerasan jalan dengan menggunakan bahan adukan semen pasir. Kegiatan kerja bakti dilaksanakan oleh sebagian kecil warga, tetapi berbeda dengan kerja bakti sebelumnya, hari ini kami mendapat kunjungan dari pak Lurah Cipayung.
Berikut beberapa gambar kegiatan kerja bakti kami:

Lurah Cipyung, Jaktim Warga Rt 08 Rw 02 Cipayung Jakarta Timur Warga Rt 08 Rw 02 Cipayung Jakarta Timur

E-Learning Award

Finalis dari UKSW Solo Finalis dari UKSW Solo

Sabtu, 7 Nopember 2009
Pada hari ini, untuk yang kedua kalinya saya mendapat kepercayaan untuk menjadi juri dalam acara E-Learning Award yang diselenggarakan oleh Pustekkom Diknas. Kesempatan pertama saya peroleh pada saat untuk pertama kali Pustekkom menyelenggarakan E-Learning Award pada tahun 2006. Sungguh suatu pengalaman yang sangat menarik dan membanggakan. Dalam kesempatan ini saya menjadi juri bersama 4 orang juri lain, yaitu Dr. Zaenal Hasibuan, yang akrab di panggil pak Ucok. Beliau adalah Wakil Ketua Harian Dewan TIK Nasional. Bapak Dr. Syahfiri Manaf, dari Bank Dunia.

Ini dia beberapa foto kami:
Juri E-learning
Juri E-learning Award

Seminar Nasional Pendidikan dan Munas ISPI
Hari Jumat dan Sabtu lalu, 24 dan 25 Oktober 2009, saya mendapat tugas dari Kepala Lemlit UNJ untuk mengikuti kegiatan Seminar Nasional Pendidikan yang diselenggarakan oleh Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI) Pusat bekerjasama dengan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Seminar dihadiri oleh pejabat di pemerintahan dan para tokoh pendidikan tentunya. Pejabat yang hadir dan menyampaikan materinya adalah Prof. Dr. Muhammad Ali, MA, Dirjen Pendidikan Islam, Depag, dan Prof. Fuad Abdul Hamied, Ph.D. Deputi Menko Kesra Bidang Pendidikan, Agama, dan Aparatur Negara. Akademisi Senior yang berbicara diantaranya adalah Prof. Dr. Azzumardi Azra, MA., Prof. Dr. Sutjipto, Prof. Dr. Soedijarto, MA., Prof. Dr. Sunaryo Kartadinata.
Isinya…..bersambung ya…

Workshop Pengembangan Kurikulum
Rabu dan Kamis, 13 dan 14 Oktober 2009, lalu untuk pertama kali saya bicara dihadapan ratusan guru secara tatap-muka. Tidak tanggung-tanggung dalam satu sesi saya berhadapan dengan sekitar 400 orang. Jadi dalam dua hari saya menghadapi sekitar 800 orang guru. Saya merasa ini kesempatan bagi saya untuk “meracuni” pikiran dan pandangan mereka tentang apa itu kurikulum dan bagaimana mengembangkan kurikulum yang mengangkat potensi daerah menjadi kekuatan di era global.
Kegiatan dilaksanakan di Kotabumi, Lampung Utara, dan dibuka oleh Asisten 2 Bidang Ekonomi dan Kesra Bupati Kabupaten Lampung Utara bapak Drs. Fahrizal, SH.

Seminar Tentang Organisasi Belajar
Hari ini, Senin, 25 Mei 2009
di Ruang Sidang Lt 2 Fakultas Ilmu Pendidikan UNJ
Hari ini mahasiswa TP FIP UNJ menyelenggarakan seminar tentang organisasi belajar. Sesungguhnya, kegiatan ini merupakan kegiatan perkuliahan, yaitu kuliah seminar TP. Dosen pengampu mata kuliah ini, Dra. Suprayekti, M.Pd. mengarahkan mahasiswa untuk belajar bagaimana menyelenggarakan sebuah seminar.
Saya sendiri diminta menjadi pembicara untuk yang ketiga kalinya. Kali ini saya terima permintaan mereka. Saya diminta untuk bicara tentang organisasi belajar. Ya udah, bla bla bla ….

Seminar Nasional PTK
Jakarta, Sabtu, 14 Maret 2009
IPTPI Cabang Jakarta menyelenggarakan Seminar Nasional tentang Peningkatan Mutu Guru Melalui PTK, di Aula Program Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta. Saya selaku wakil ketua IPTPI Cabang Jakarta, dalam kegiatan tersebut berperan sebagai Wakil Ketua Panitia dan sekaligus sebagai pembicara salah satu sesinya. Sebagai pembicara, saya mendapat tugas menyampaikan materi tentang bagaimana membuat proposal PTK.
Peserta seminar adalah para guru mulai dari guru TK, SD, SMP, SMA, SMK, dan ada juga mahasiswa Pasca. Mereka datang dari Jabodetabek, bahkan ada yang datang dari Kalimantan dan Sumatera.
Kesan yang mendalam dari acara tersebut adalah antusiasme para peserta yang sangat tinggi. Mudah-mudahan antusiasme mereka sebagai wujud dari semangat dan motivasinya untuk maju mengembangkan diri menjadi guru yang lebih profesional.
Saya menilai kegiatan seminar dapat dikatakan berhasil, karena dilihat dari peserta yang hadir, melampau target, yaitu sebanyak 250 orang sedangkan target hanya 150 orang. Sementara dilihat dari pembicara, semua pembicara yang diundang hadir dan menyampaikan materinya dengan baik dan diapresiasi dengan baik oleh peserta, terutama pembicara inti (Keynote speaker) yaitu Prof. Dr. Conny R. Semiawan, dan Prof. Dr. Yusufhadi Miarso, M.Sc.

Popularity: 2% [?]